Rabu, 01 Februari 2012

Eksis Di Sisi Positif Dunia Maya

Diposkan oleh Suci Mine di Rabu, Februari 01, 2012
gambar dari sini

Well, kalau kalian diberi kalimat “Eksis dengan Internet” apa yang tiba-tiba melintas dalam pikiran kalian?
Pasti macam-macamlah yah, mungkin ada yang berpikir tentang awal karir bombastis dan spektakulernya Justin Bieber yang dimulai dari situs YOUTUBE. Atau karir kepenulisan Raditya Dika yang akhirnya dikenal banyak orang karena memulai prosesnya dari blog atau diary online. Atau Arif Muhammad yang ngetrend dengan nama POCONGGG yang mulai dari Twitter sehingga memiliki banyak fans sekarang. Atau band asal luar BOYCE AVENUE yang akhirnya memiliki konser keliling dunianya sendiri karena keeksisannya di internet. Ya, mereka hanya beberapa dari sekian banyak orang yang eksis di internet dan akhirnya meledak dan dikenal banyak orang.

Aku kagum dengan mereka. Yang memilih memanfaatkan internet dari segi positifnya, bukan dari segi negatifnya. Ya, Internet memiliki dua sisi yang berlawanan di saat bersamaan. Bisa melambungkan nama kita seketika, atau menjatuhkan kita pula secepat yang ia bisa.

Kalau aku? Aku mengenal internet sejak SMA, pertemananku dimulai dengan MiRC. Merasa bosan karena orang yang ditemani ngobrol rata-rata bohong banget, aku pindah ke Friendster. Aku, cewek pendiam dan nggak tahu bergaul, bisa punya banyak teman di sana. Aku tidak perlu takut orang akan menolakku karena kekurangan dalam diriku, aku bisa menjadi diriku sendiri yang apa adanya. Lalu, kemunculan Facebook membuatku hijrah dari Friendster. Di Facebook, aku bahkan bisa berkenalan dengan orang-orang di seluruh penjuru dunia, yang akhirnya membuatku belajar bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan mereka. Hehehe…

And see, walaupun belum terlalu lancar, setidaknya aku bisa bahasa inggris dan pernah menjadi juara pertama English Speech Competition se-Makassar. Wow…


Aku bisa berkomunikasi lagi dengan teman yang sudah lama tidak bertemu

Lalu muncul lagi situs jejaring sosial berbentuk burung biru –warna kesukaanku- yang imut. Ya, Aku tidak akan melewatkan Twitter yang membuatku bisa mengenal artis-artis favoritku dari twit-twit mereka. Istilah kerennya, Follow. Aku mem-Follow Avril Lavigne, tentunya. Ah, I’m so excited, sehingga akhirnya aku mencari twitter Justin Bieber, Miley Cyrus, Oprah Winfrey, dan so much more.

Internet juga memberiku kemudahan dalam mencari tugas-tugas kuliah. The best literature I’ve ever had. Pokoknya semua ada di sini. Lengkap dan mudah. Bagi aku dengan latar-belakang keluarga yang sederhana, membeli buku dengan harga jutaan rupiah hanya impian, tapi internet membuatku lebih pintar, lebih banyak tahu, dan lebih berwawasan. Hanya masuk disitus pencari favoritku, bang Google, aku bisa menemukan apapun yang kucari. Aku mendapatkan info-info terbaru dengan masuk ke situs koran online, aku bisa tahu album baru yang akan keluar dari artis-artis favoritku, aku bahkan bisa nonton di internet. Well, aku jadi update sekarang, tidak kuno seperti dulu. Hehehe..

Ini salah satu gambar yang di-tag temanku, Giswa, tentang cara meng-upgrade android di ponsel kita.



Dan yang membuatku lebih menyukai internet, ulang tahunku yang biasanya sepi, jadi ramai. Banyak teman yang mengucapkan selamat ulang tahun lewat facebook dan twitter. Doa-doa mereka berhamburan di wall-ku.

Here’s the pic

 

Aku bahkan bisa membantu temanku mempromosikan hamster yang dijualnya dengan memberi tag-tag kepada teman-teman FB-ku. Hihihi… banyak yang beli loh. Dan aku bisa belajar sedikit-sedikit gimana caranya berbisnis secara on-line dan saling bertukar e-mail.

 
Dengan eksis di internet, aku bisa lebih maju satu langkah dari diriku dulu yang kuper, culun, dan nggak up-date. Aku bisa tahu lebih banyak dan nggak sungkan lagi kalau harus berdiskusi dengan teman kuliah tentang apapun yang berbau teknologi informasi.

Well, postingan ini aku ikutkan dalam blog competition yang diadakan oleh AXIS. Bagi yang berminat ikutan, langsung saja log in kesini

Sudah semestinya kita melek internet dari dulu. Mudah-mudahan setiap rakyat Indonesia bisa menikmatinya seperti saya menikmatinya.

15 komentar:

-ka mengatakan...

ahaii, ajarin bhs korea dooong
=D

namarappuccino mengatakan...

Waa juara pertama English Speech? Kereen!

internet memang yahud. Selain munculnya mereka-mereka yang menjadi terkenal dan kaya karena eksis di internet,juga bisa menjadikan kita banyak teman dan saling mengunjungi. Seperti ini, mengunjungi rumah ini. :)

Sukses dengan kompetisi AXIS nya. :)

naspard mengatakan...

semoga menang ya kakaknya :D

wih emang yak internet ngebikin dari buta ke melihat
dan social network dari egois jadi bersama :D

kunjungan perdana, ijin ikat blognya :D

NinjaDiary mengatakan...

betul kak, dulu jadi inget sebelum jaman Friendster atau Facebook katanya teknologi bikin orang egois. Nyatanya teknologi bisa dipake buat berbagi hehe

Della mengatakan...

Karena nggak ada ruginya mencoba hal-hal yang positif kan, Suci ;)

Gutlak ya kontesnya ^___^

Zaira Muhamad mengatakan...

dari sini (internet) dapat jumpa kamu gurl! jauh tapi dekat ;) chill !

Annesya mengatakan...

saya eksis di dunia maya karena saya cupu. <<< pengakuan publik

Mine and Me mengatakan...

@ all : iya, internet bisa jadi sangat keren kalau kita eksis di sisi positifnya... aku senang banget loh bisa kenal kalian semua..^_^

susu segar mengatakan...

selalu axis ya . . . moga menag. . .

Feby Oktarista Andriawan mengatakan...

Ya bener bgt, brkat eksis di dunia maya kita jadi ketemu lagi sm temen lama. Semoga berhasil yaw lombanya.. :)

Mine and Me mengatakan...

@ susu segar : amin... makasih doax

@ Feby : hhehe betul2... amin

Mugniar mengatakan...

Keep positive blogging ya :)

Mugniar mengatakan...

Keep positive blogging ya :)

Mugniar mengatakan...

Keep positive blogging ya :)

Wury mengatakan...

Semoga menang Suchy
Sama juga sekarang aku jadi lebih up date deh

Oh iya salam kenal ya, aku tunggu kunjungan baliknya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Me and Mine Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea